Reporter : Robby Mesak

Yerui – Bupati Kabupaten Kepulauan Yapen, Tonny Tesar, S. Sos., didampingi Komandan Kodim 1709 Yawa, Letkol. Inf. Leon Pangaribuan, SH., Kepala Distrik Yerui Ardiles A. Muabuai, S. STP., dan Kabid. Bina Marga PUPR Kepulauan Yapen, Alex Iklai, ST. Pada Rabu, 25 Agustus 2021 hadir meninjau lokasi pembangunan perumahan atas kerja sama pemerintah daerah, yang didukung penuh oleh TNI dalam Program Tentara Manunggal Membangun Desa/Kampung) (TMMD).

Kehadiran Bupati, Tonny Tesar, S. Sos dan Dandim 1709 Yawa, Letkol. Inf. Leon Pangaribuan, SH., untuk melihat kesiapan lokasi sekaligus, Kamis, 26/08/2021. Dilakukan pertemuan bersama masyarakat agar pada saat Pra TMMD yang sedianya dilaksanakan 01 September 2021 nantinya tidak bermasalah.

Bupati, Tonny Tesar, S. Sos., mengatakan terkait dengan rencana pembangunan perumahan dalam program TMMD ini, setelah kemarin (25/08) dirinya bersama Dandim 1709 Yawa melihat lokasi pembangunan Perumahan 8 unit Perumahan, maka saat ini kita bersama-sama melakukan pertemuan dengan masyarakat dari 3 Kampung distrik Yerui.

“Masyarakat dari 3 kampung sudah sepakat bahwa pembangunan perumahan di lokasi yang di timbun¬† tidak bermasalah dan akan segera dilaksanakan pra tmmd 01 September 2021 dan tanggal 15 September 2021 sampai dengan 15 Oktober 2022 adalah program atau pembangunan fisik perumahan oleh TMMD” ucap Tonny.

Sementara itu, Komandan Kodim 1709 Yawa menambahkan dalam meninjau lokasi TMMD ke-112 yang akan kita laksanakan, dirinya menyampaikan terima kasih kepada Bupati Kabupaten Kepulauan Yapen yang telah melakukan pertemuan bersama seluruh masyarakat meyakinkan  kepada masyarakat agar tidak ada permasalahan yang timbul sebelum pelaksanaan TMMD.

“Puji syukur kepada Tuhan karena masyarakat sangat mendukung kegiatan TMMD ini dan masalah batas tanah dan tanaman yang ada akan ditindaklanjuti oleh Pemerintah Daerah,¬† TMMD dapat dilaksanakan.” Ucap Dandim 1709 Yawa.

Lanjutnya, rencana pelaksanaan TMMD ini, akan dibagi dua tahap, dimana tahap pertama Pra TMMD kegiatannya adalah untuk memasukkan barang kemudian membangun pondasi dimana hal ini membutuhkan waktu 15 hari, yang kita rencanakan akan masuk personil Kodim 1709 Yapen Waropen ke kampung Miosnum tanggal 28 Agustus 2021 Pra TMMD akan dilaksanakan sampai dengan tanggal 14 September 2021 dan pada tanggal 15 September 2021 Pembukaan TMMD.

“Dalam Perencanaan peletakan batu pertama nanti akan diletakkan Oleh Bupati Kabupaten Kepulauan Yapen dan mengundang Danrem 173 Braja wirabraja.” tandas Dandim 1709 Yawa

Turut hadir Kapospol Miosnum, Bripka. Pardo Sugiro, Babinsa Miosnum Sertu Ruben Makabori, Aparat Kampung, Bamuskam, Toko Masyarakat, dan Warga Masyarakat kampung,

(Foto & Vidio : Robby Mesak)