Bertemu Puluhan anak-anak Kampung Sasawa, KMB gelar kegiatan Trauma Healing.

Reporter : Andrew Woria

Serui – Komunitas Mari Berbagi pada hari Kamis, 26/08/2021 mendatangi warga kampung Sasawa Distrik Yapen Barat. Kehadiran Komunitas Mari Berbagi ke sasawa kali ini secara khusus mendatangi anak anak dikampung tersebut serta melaksanakan kegiatan trauma healing pasca penegakan hukum 5 Agustus 2021. Terpantau ada Puluhan anak anak usia 3 – 12 tahun hadir dalam kegiatan kali ini.

Frederica, seorang tenaga pengajar Paud di Kampung Sasawa menjelaskan bahwa paska penegakan kasus disasawa beberapa waktu lalu, warga disana mengungsi karena trauma dengan kejadian tahun 2014 silam. Hal ini menyebabkan warga merasa takut dengan kehadiran aparat kemanan disana. Namun dengan kehadiran FORKOMINDA beberapa waktu lalu telah memberikan jaminan keamanan sehingga masyarakat bisa kembali beraktivitas dan pulang di kampung dari kamp kamp pengungsian tetapi hingga kini aktivitas dikampung belum normal, seperti kegiatan belajar mengajar.ditambahkan nya bahwa sebagai warga disasawa ia berterimakasih serta memberikan apresiasi kepada KMB / Komunitas Mari Berbagi yang secara khusus  hadir dihari ini untuk memberikan trauma healing bagi anak anak disana. Terpantau secara langsung, Ketua KMB, Erny Tania terlibat dalam kegiatan tersebut dan anak anak di sana juga diberikan PMT(Pemberian Makanan Tambahan) serta diajak bermain dalam Games dan Edukasi Ringan.  Hal yang sama juga dijelaskan oleh Benyamin Aguara, Kordinator Unsur PAR di GKI Ora Et Labora Sasawa, dimana dijelaskan nya bahwa trauma yang terjadi sejak 2014 silam hingga kini masih membekas dan terbawa ditengah masyarakat sasawa pasca penegakan hukum pada 5 Agustus 2021.

Dijelaskan Benyamin yang juga adalah guru SD di Sasawa ini bahwa dengan hadirnya KMB hari ini disasawa yang menggelar kegiatan sosial tersebut dapat sedikit menghibur dan menghilangkan trauma yang dirasakan anak anak disana. Hal ini perlu dilakukan secara terus menerus disana sehingga rasa trauma secara perlahan lahan akan menghilang tuturnya.

Foto dan video : Andrew Woria & C.R.I)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

WhatsApp chat