Reporter : Andrew Woria

Ambaidiru – Dalam momentum peringatan HUT kemerdekaan Republik Indonesia ke 74 tahun, pemerintah Kabupaten Kepulauan Yapen secara khusus melakukan peletakan pembangunan menara telekomunikasi di pegunungan Muman, Ambaidiru, distrik Kosiwo.

Ketika dikonfirmasi oleh kepyapenkab.go.id kepada Bupati, menjelaskan bahwa kehadirannya kali ini didampingi oleh pimpinan dan anggota DPR serta sejumlah Pimpinan OPD dan masyarakat di 5 Kampung di Ambaidiru antara lain, Manainin, Ramangkurani, Ambaidiru, Numaman dan Mambo.  Ada 70 menara BTS yang akan dibangun di Kabupaten Kepulauan Yapen pada tahun 2021, dan sisanya sebanyak 45 menara BTS yang akan dibangun pada tahun 2022 melalui Kementerian Kominfo.  Sehingga atas nama masyarakat dan pemerintah daerah Kabupaten Kepulauan Yapen Bupati menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah pusat melalui kementerian komunikasi dan informatika.

” Di hari ini 76 tahun Indonesia merdeka, tolok ukur pembangunan di Kabupaten Kepulauan Yapen adalah salah satu kampung di daerah pegunungan. Kita tahu bahwa akses ke 5 kampung di daerah pegunungan ini sangat terbatas sekali, di mana akses jalannya baru saja dibuka, akses air bersihnya, tetapi akses listriknya juga sudah dibangun dan kemudian sekarang adalah akses telekomunikasi.

Bupati menambahkan bahwa ada 4 BTS yang akan dibangun untuk melayani 5 kampung di daerah pegunungan Muman sehingga kampung-kampung tersebut sudah bisa mengakses internet dengan baik tersebut, hal tersebut sejalan dengan program pemerintah pusat yaitu Indonesia merdeka sinyal yang mana dapat diimplementasikan dengan akses internet secara merata bagi masyarakat di seluruh tanah air hingga di pelosok negeri.

Pembangunan BTS di Ambaidiru merupakan permintaan dari masyarakat di sana, sehingga Bupati berharap agar masyarakat dapat terlibat dalam pemeliharaan serta tidak ada pemalangan dalam pembangunan BTS Telekomunikasi ini.

Sementara itu Widi, perwakilan dari PT. Surya Energi Indotama menambahkan bahwa pembangunan BTS yang baik biru ini telah direncanakan sejak lama dengan tujuan untuk menghadirkan layanan telekomunikasi bagi masyarakat di 5 kampung di pegunungan muman. Dirinya meyakini banyak hal yang bisa masyarakat dapatkan serta memberikan dampak positif dengan hadirnya internet dan telekomunikasi. Widi juga berharap masyarakat di sekitar lokasi pembangunan dapat membantu sehingga pembangunan BTS ini dapat berjalan.

(foto dan video : Robby Mesak)