Reporter : Andrew Woria

Serui – Dalam evaluasi PPKM ke 2 yang berlangsung di Rumah Jabatan Bupati Kabupaten Kepulauan Yapen Pada hari Senin, 09/08/2021 Bupati Kepulauan Yapen Tonny Tesar, S.Sos, kembali mengingatkan Dinas Kesehatan untuk segera menerapkan Antigen Gratis bagi Para pelaku perjalan yang akan menuju ke kampung kampung. Hal ini sekaligus menjawab permasalahan yang disampaikan oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Kepulauan Yapen. Dimana Kadis Perhubungan,  Nurhadi melaporkan keluhan masyarakat yang melakukan perjalanan ke kampung dengan membeli tiket kapal perintis sebesar Rp.40.000,- serta membayar Antigen sebesar Rp.150.000,- hal ini menyebabkan warga mengeluh. Menanggapi hal ini,  Bupati Tonny memerintahkan Dinas Kesehatan untuk segera membuka pelayanan antigen gratis bagi warga masyarakat dengan sejumlah syarat diantaranya adalah menunjukkan surat vaksin (sertifikat) dan akan dilayani di 2 Puskesmas yaitu Puskesmas Serui Kota dan Puskesmas Warari secara gratis bagi warga masyarakat.

“Ke kampung itu berarti mereka harus  sehat dulu baru ke kampung. Tapi dengan catatan ko harus vaksin dulu, kalau ko tidak vaksin ko bayar”  ujarnya

Rapit Antigen Gratis akan dilayani di 2 Puskesmas yaitu Puskesmas Serui Kota dan Puskesmas Warari. Dimana setiap warga masyarakat asli Papua yang hendak melakukan perjalanan ke kampung menggunakan jalur perintis akan dilayani swab antigen secara gratis namun wajib menunjukkan sertifikat Vaksinasi.

Foto : ( Andrew Woria )