Reporter : Vijay Polanunu

Serui – Bertempat di ruang Rapat Setda, Asisten 1 Setda sekaligus kordinator satgas covid-19 Kabupaten Kepulauan Yapen, Erny R. Tania melakukan Rapat bersama dengan Dinas Kesehatan, direktur RSUD Serui dr.Jhonny Aba dan juga paramedis pada Kamis, 05 Agustus 2021.

‌Saat diwawancara, Asisten I sekda yang juga merupakan koordinator Satgas Covid-19, Erny R.Tania menjelaskan bahwa rapat tersebut merupakan rapat koordinasi yang biasanya dilakukan secara berkala, guna mengevaluasi kinerja tim satgas covid-19 khususnya di bidang kesehatan untuk kemudian dilaporkan kepada Pimpinan daerah. Erny R.Tania juga menjelaskan bahwa pelaporan – pelaporan tersebut, terkait data Vaksinasi, penyaluran obat – obatan kepada pasien covid-19 yang melakukan Isoman di rumah hingga langkah-langkah yang mungkin bisa dilakukan tim Satgas covid 19 dalam menanggapi situasi emergency, dalam menangangani pasien covid 19 nantinya.

Erny R.Tania juga meminta kepada dinas kesehatan, Puskesmas atau pun Pustu, untuk khususnya pada bidang Promkes ( Promosi Kesehatan ) agar terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat di kota maupun perkampungan, terkait pentingnya vaksinasi covid-19 di masa pandemi saat ini, guna menepis berita Hoax terkait vaksin covid-19. Tidak hanya itu Erny R. Tania juga menghimbau kepada masyarakat yang sedang melakukan Isolasi Mandiri (Isoman) di rumah serta yang baru menerima vaksin tahap pertama, agar tidak ragu untuk segera melaporkan diri kepada tim medis atau mendatangi RSUD langsung, apabila merasakan sesak nafas ataupun gejala – gejala covid-19 lainnya, guna mendapatkan penanganan oleh tim medis.

” Terkait pasien -pasien isoman maupun yang baru menerima vaksin tahap 1 khususnya pasien Isoman apabila terdapat gejala yang lebih berat seperti sesak nafas, mual, muntah untuk jangan ragu – ragu datang ke rumah sakit, dokter praktek ataupun bisa menghubungi nomor – nomor para dokter yang sudah di berikan, untuk mendapatkan penanganan segera oleh tim medis.”

Selain itu Erny R. Tania juga berterima kasih kepada Bupati, Wakil Bupati dan Sekda, atas arahan selama dirinya menjalankan tugas sebagai Koordinator Satgas covid-19 di kabupaten Kepulauan Yapen, serta tidak lupa juga kepada tim covid 19 yang telah bekerja semaksimal mungkin, guna memutuskan rantai penyebaran covid 19 di kabupaten Kepulauan Yapen.

(Foto :  Vijay Polanunu)