Reporter : Andrew Woria

Serui – Senin, 26 Juli 2021, satgas Covid-19 Kabupaten Kepulauan Yapen melakukan kegiatan Testing dan Tracing pada 416 Penumpang KM. Dobonsolo dari Jayapura. Kegiatan ini adalah yang ke-4 kalinya berlangsung selama bulan Juli sejak angka kasus covid-19 di kabupaten Kepulauan Yapen meningkat.

Dijelaskan Erny R. Tania bahwa berdasarkan manifes ada 416 penumpang dan berdasarkan pendaftaran ulang di pelabuhan ada sebanyak 408 penumpang, sementara yang diperiksa rapid antigen sebanyak 346 Penumpang dikarenakan 62 orang sebagian penumpang adalah anak anak. Sementara ada 18 orang penumpang yang positif antigen, dari 18 orang tersebut 15 diantaranya merupakan orang asli Papua (OAP) dan tiga lainnya adalah Nusantara (Non OAP).

Erny R. Tania menyebutkan bahwa dari Dinas Kesehatan akan melakukan pemetaan bagi 18 Orang Penumpang yang positif ini, untuk diberikan treatment dan observasi kesehatan. Selaku koordinator tim Satgas covid Kabupaten dirinya juga memberikan apresiasi kepada Asisten II Bidang Perekonomian Sekda, Ir. Edi Noca Mudumi, serta Kadis Perikanan, Daniel Reba yang juga turut ambil bagian dalam kegiatan Testing dan Tracing kali ini, serta Kabid. P2P Dinkes, Dr. Frangklin Numberi. Dijelaskan Erny bahwa 18 orang pasien yang positif ini akan diberikan treatment obat-obatan secara gratis, yang akan diantar langsung ke rumah-rumah mereka.

Dirinya menambahkan bahwa dari total penumpang yang turun di pelabuhan Serui tidak sampai 30% yang telah melakukan vaksin. Sehingga lewat kegiatan ini ia juga mengimbau kepada seluruh warga masyarakat di Kabupaten Kepulauan Yapen, untuk  tetap melakukan vaksin dan jangan terpengaruh berita-berita yang tidak bertanggung jawab. Ia juga meminta agar warga tetap dapat menjaga protokol Kesehatan walau nantinya divaksin, karena seseorang yang divaksin punya kesempatan untuk terpapar ulang namun dengan resiko yang sangat kecil dan tidak terlalu berat.

(foto dan video : Robby Mesak)