Reporter : Robby Mesak

Serui – Berbagai upaya telah dilakukan oleh Pemerintah Daerah Melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kepulauan Yapen dalam menghadapi pandemi Covid-19. Pada hari Sabtu, 10/07/2021  Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tahap pertama di Kantor Klasis GKI Yapen Selatan (Yapsel) ini, diberikan pada pelayanan firman, Anggota dan Badan Pekerja Klasis Yapen Selatan beserta keluarga.

Kepala dinas kesehatan kabupaten kepulauan Yapen Karolis Tanawani mengatakan, atas inisiatif oleh Ketua BP Klasis GKI Yapen Selatan Pdt Resly Birahy, dan didukung penuh oleh Bapak Bupati Tonny Tesar, S.Sos.

“Ini merupakan momen yang baik, dimana Kadinkes juga memberikan penjerahan kepada para hamba-hamba Tuhan Selaku Pelayan Firman yang memiliki Umat yang cukup besar, agar dapat memberikan sosialisasi bagi warga Jemaatnya untuk melakukan vaksinasi.” ujarnya.

Kadinkes  menyampaikan Perlu kita ketahui bahwa sampai saat ini, kasus Covid-19 di kabupaten kepulauan Yapen khususnya di Kota Serui, trendnya Cukup naik, hanya dalam waktu 2 Minggu dari tanggal 26 Juni hingga tanggal 9 Juli 2021 lewat hasil Tracing antigen mencapai hampir 160 kasus.

“Kita mengetahui bersama hingga saat ini belum ada obatnya, semua para ahli di seluruh dunia sedang memikirkan bagaimana menangani kasus Pandemi Covid-19 ini, Vaksin merupakan solusi satu-satunya sarana untuk melindungi kita.”Saya dengan Bupati sudah melaksanakan Vaksin Tahap I dan Tahap II, Saat ini Antusias dari Para hamba-hamba Tuhan dan keluarga cukup tinggi” jelasnya

Lanjutnya menjelaskan, Target yang diberikan oleh pemerintah pusat itu 56  ribu orang dari 100 ribu lebih penduduk yang tinggal di kabupaten kepulauan Yapen, vaksin yang di alokasikan kepada Pemda Yapen 8 ribu 600 ratusan, sementara cakupan yang sudah dilakukan Dinkes baru mencapai 7% dari 19% target yang dilakukan.

“Untuk itu, Antusias dari Para hamba-hamba Tuhan yang memiliki Umat dapat membantu sosialisasi bagi warga Jemaat, selama ini penerima vaksin itu hanya pelaku Perjalanan dan Non OAP (Orang Asli Papua), tetapi dari hasil Tracing antigen yang dilakukan, kebanyakan yang terpapar Covid-19 itu OAP kita yang cukup tinggi.”

Dirinya mengajak Marilah kita sama-sama melaksanakan vaksin dan Mematuhi Protokol Kesehatan Covid-19, ini yang paling penting kita lakukan, dengan demikian kita akan menekan prevalensi Covid-19 serendah-rendah mungkin.

“Pentingnya Vaksinasi bertujuan untuk membuat sistem kekebalan tubuh (herd imunity) seseorang mampu mengenali dan dengan cepat melawan bakteri atau virus penyebab infeksi. Tujuan pemberian vaksin Covid-19 adalah menurunnya angka kesakitan dan angka kematian akibat virus ini.”  Tandasnya

Bersama kita dukung program pemerintah dalam upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19 dengan melakukan vaksinasi Covid-19. Ayo lindungi Diri, Keluarga dan Sesama.

(Foto & Vidio : Robby Mesak)