Reporter : Robby Mesak

Serui – Rasa pilu tak terbendung ketika Keluarga mengantar jenazah  Almarhum Bpk. Yoseph Sawaki ke liang lahat di TPU Wainakawini, distrik Anotaurei kabupaten Kepulauan Yapen pada Kamis, 08/07/2021. Siang.

Pemakaman secara Covid-19 terhadap jenazah pasien Covid-19 ini, menambah duka bagi keluarga yang ditinggalkan dan hanya bisa melihat dari jauh proses penguburan Jenazah.

Ketua Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Kepulauan Yapen, Erny Tania, S.IP ketika diwawancarai mengatakan, Dini hari pukul 02.00 WIT dirinya mendapatkan Informasi dari Direktur RSUD dimana salah satu  pasien Covid-19 yang di rawat di ruang Isolasi RSUD Serui telah meninggal dunia. Sehingga menindaklanjuti hal tersebut, selaku ketua tim Satgas Covid-19 dirinya segera melaporkan kepada Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Yapen terkait proses pemakaman yang akan dilakukan secara Covid-19.

Dirinya juga menyampaikan kita tahu bersama Pandemi Covid-19 masih terus berlangsung, oleh sebab itu Penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19 wajib untuk terus dilakukan.

Ketua Tim Satgas ini juga mengatakan saat ini pemerintah terus melakukan berbagai tindakan untuk menekan penyebaran virus yang semakin meluas di masyarakat, dengan melakukan vaksinasi massal bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Masyarakat, dimana ia menjelaskan bahwa vaksinasi ini untuk membentuk herd imunity (kekebalan imun tubuh), sehingga kita dapat terlindungi dari paparan covid 19 ketika sedang melakukan aktifitas dimana saja.

Ia juga menambahkan untuk diketahui, melalui dinas kesehatan juga membuka unit pelayanan vaksinasi bagi masyarakat di beberapa Puskesmas yaitu Puskesmas Serui Kota, Puskesmas Warari, Klinik Polres Kepulauan Yapen dan Klinik Kodim 1709 Yawa, dengan jadwal Pelayanan pada hari Kamis, Jumat dan Sabtu.

Ketua tim satgas Covid-19 Kabupaten Kepulauan Yapen, Erny Tania, S.IP, ini juga mengucapkan terima kasih kepada Bapa Bupati dan wakil Bupati Kepulauan Yapen, Direktur RSUD Serui bersama jajaran, Dinas PUPR, Satuan Pol PP, Ibu Tabita yang sudah memfasilitasi eksavator beserta karyawan, petugas makam, serta seluruh keluarga besar Sawaki.

Dan tidak lupa bagi Keluarga yang ditinggalkan, Ia menyampaikan turut berdukacita dan kiranya mendapatkan penghiburan Sejati oleh Tuhan.

(Foto & Vidio : Robby Mesak)