Reporter : Robby Mesak

Serui – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kepulauan Yapen melalui Dinas Kesehatan Kepulauan Yapen menggelar vaksinasi Covid-19 secara massal tahap kedua dan Tahap satu di Kantor Bupati, Rumah Jabatan dan Gedung DPRD Yapen, terdiri dari Aparatur Sipil Negara (ASN), Anggota DPRD dan Warga Masyarakat menjadi target sasaran vaksinasi Covid-19.

Karolus Tanawani Selaku Kepala Dinas Kesehatan Kepulauan Yapen mengatakan Perkembangan Kasus Covid-19 di kabupaten kepulauan Yapen, kita mengetahui secara umum di Indonesia melalui media nasional terpapar pasien Covid-19 ditularkan oleh varian delta, tidak menutup kemungkinan kita di Yapen juga ada indikasi penularan, dengan terbuka transportasi.

Menurutnya, Di Serui dari tanggal 01 Juli hingga tanggal 06 Juli 2021, kasus terkonfirmasi baru hampir mencapai 69, dan tren grafis ini berpeluang naik terus, jumlah terkonfirmasi keseluruhan sendiri sekitar 389, dengan tren kasus yang tinggi ini pemda sedang berupaya semaksimal mungkin sepanjang tidak ada obat ini dengan cara memberikan vaksinasi bagi masyarakat.”

“Lewat kebijakan Bupati Kepulauan Yapen, Tonny Tesar, S.Sos mulai dari hari Senin kemarin, pada tanggal 05 Juli 2021, Pemerintah Daerah membuka Pelayanan Vaksinasi bagi masyarakat umum selamat 2 hari di kantor Bupati dan Rumah Jabatan Bupati dan hari dilayani bagi Aparatur Sipil Negara (ASN)”. Lanjutnya.

Kadinkes menjelaskan, Vaksinasi ini dilakukan khusus untuk masyarakat dan ASN dalam rangka bagaimana kita membentuk herd imunity (kekebalan imun tubuh), Jika kelompok herd imunity kekebalan ini telah kita memiliki dengan baik, maka kita melakukan aktivitas dimana saja bisa terlindungi, karena kita berpeluang untuk terpapar Covid-19.

Dirinya berharap agar masyarakat bisa menerima vaksin, karena beda antara orang yang sudah menerima vaksin dan orang yang sama sekali tidak menerima vaksin karena kekebalan imun tubuhnya sudah terlindungi sedang yang belum berpeluang infortensi untuk terpapar Covid-19.

“Kita saat ini sedang menangani 4 kasus pasien yang memiliki keadaan cukup fatal sedang di rawat di rumah Isolasi RSUD Serui dan 69 orang sedang menjalani Isolasi Mandiri di rumah” ungkapnya.

Kami himbau kepada seluruh masyarakat, Ayo mari kita beri diri untuk divaksin danĀ  laksanakan vaksinasi secara bersama-sama. Pemerintah daerah kabupaten kepulauan Yapen melalui Dinas Kesehatan memiliki target, dengan 2.600 stok Vaksin dapat digunakan semua dalam pelayanan vaksinasi bagi masyarakat dan ASN.

Dengan adanya kebijakan Pemerintah Pusat kaitannya dengan pelaku Perjalanan harus divaksin, namun bagi kami yang terpenting bukan pelaku Perjalanan, tapi kesadaran masyarakat disaat situasi Pandemi Covid-19 agar Vaksin ini menjadi sesuatu yang penting.

Dinas kesehatan juga membuka unit pelayanan vaksinasi bagi masyarakat di 7 tempatĀ  yaitu Puskesmas Serui Kota, Puskesmas Warari, Puskesmas Menawi, Puskesmas Kosiwo, Puskesmas Randawaya, Klinik Polres Kepulauan Yapen, Klinik Kodim 1709 Yawa, dengan hari Pelayanan Kamis, Jumat dan Sabtu.

Dalam pelaksanaan vaksinasi persyaratan yang dibutuhkan yaitu Indentitas diri KTP, dan tidak serta Merta masyarakat datang langsung divaksin tapi akan melewati konsultasi kesehatan pribadi oleh dokter untuk mengecek tensi, gula darah, kolesterol Swab antigen dan sebagainya normal atau tidak, karena kalau ada gangguan kesehatan tidak diperbolehkan untuk di vaksin dan yang divaksin mereka yang benar-benar sehat, tandasnya.

(Foto & Vidio : Robby Mesak)