Reporter: Robby Mesak

Serui – Setelah Melakukan Rapat dengar Pendapat Dewan bersama Dinas Perikanan Kabupaten Kepulauan Yapen. Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan, Daniel Reba bersama beberapa Kepala Bidang, serta Ketua Komisi B, Ade Yullen Banua, SH, Wakil Ketua Komisi B Freny H. Marahole dan didampingi Anggota Komisi B DPRD Kabupaten Kepulauan Yapen, Roy Palunga, Ronny Worabay, Fiktor Mambrasar, Trison Ayomi, meninjau langsung lokasi Pasar ikan Aro iroro Serui.

Setelah dikunjungi, Pasar yang sudah di bangun Pemerintah sudah siap, tetapi masyarakat penjual ikan belum pindah dari tempat penjualan yang lama untuk masuk menempati tempat jualan yang baru. DPRD dan Dinas Perikanan sudah melakukan kordinasi dengan beberapa pihak penjual dan pengelola Pasar Ikan, tentunya para penjual mengharapkan pemerintah harus menyiapkan los pasar, khususnya meja-meja jualan yang lebih saat ini, sehingga Nelayan dari kampung Yapen Barat, Timur, Utara dan dari mana saja bisa datang berjualan ikan di Pasar ikan serui, sehingga tempatnya cukup dan memenuhi standar yang ada.

Ketua Komisi B, Ade Yullen Banua, menjelaskan bahwa Tahun 2020 ini, Pemerintah sudah membuat penampungan air laut yang bersih, dimana pipa yang dipasang dari laut masuk ke bak penampung air asin, sehingga dapat membersihkan ikan-ikan yang akan di jual di pasar Serui, selain itu agar mutu dari ikan yang dijual itu tetap terjaga dan layak dikonsumsi oleh masyarakat kabupaten Kepulauan Yapen.

Setelah itu dilanjutkan kunjungan ke Balai Benih ikan Serui, DPRD Kabupaten Kepulauan Yapen khususnya Komisi B akan terus mengawal apa yang menjadi program-program yg sudah diusulkan oleh dinas terkait, agar bisa terealisasikan dengan baik.

Foto. ( Robby Mesak)