Reporter : Andrew Woria

Duai – Bupati Kepulauan Yapen, Tonny Tesar kembali melakukan peninjauan pembangunan ruas jalan dan jembatan disejumlah distrik antara lain di Teluk Ampimoi serta di distrik Yapen Timur, kabupaten Kepulauan Yapen.

Sejumlah jalan jembatan ini antara lain adalah ruas jembatan di kampung Tare, jembatan Repapep, cosway Wabo, jembatan Sorowai, jembatan Mereruni, hingga ke jembatan Marabai, kampung Duai, distrik Yapen Timur dan beberapa ruas jalan lainnya. Ketika dikonfirmasi kepada Bupati Kepulauan Yapen, Tonny Tesar menjelaskan bahwa masyarakat saat ini sangat membutuhkan pelayanan aksetabilitas yang lebih baik, oleh karena itu maka dirinya bersama plh. Sekda, kepala bappeda serta kepala dinas Pekerjaan Umum kabupaten Kepulauan Yapen, hadir dan melihat secara langsung kondisi jalan mulai dari Randawaya (jembatan Repapeip) di Ayari, tanjakan Wabo, hingga beberapa jembatan yang masuk di arah SMA Negeri unggulan Dawai hingga ke jembatan Marabai, kampung Duai yang diharapkan dapat membuka akses hingga ke bagian timur utara menuju kampung Woda, Wasma, Paparo dan Waindu hingga di Andei.

“Kita berharap di desember 2020 ini, paling tidak kenyamanan transportasi di sebelah timur pulau Yapen ini dapat lebih baik lagi dari saat ini. ” tutur nya.

Ia menambahkan bahwa untuk akses jalan ini, pemerintah daerah sangat memberikan perhatian semaksimal mungkin, walaupun dengan keterbatasan dana yang ada sehingga hambatan-hambatan yang ada saat ini dapat dikurangi .

Jika di total kan panjang dari kota Serui hingga di lokasi jembatan Marabai kampung Duai, Yapen Timur, menempuh jarak hingga 80 KM, sementara menuju Waindu dan bagian utara pulau Yapen masih harus menempuh 20 KM lagi. Usai mengerjakan di wilayah timur, pemerintah kembali akan mengerjakan pembangunan di wilayah barat dan sebelah utara, guna mewujudkan kenyamanan bagi masyarakat dalam meningkatkan aksebilitas.

(Foto : Andrew Woria)