01

Acara persiapan menjelang peresmian Distrik Pemekaran Wadamomi

Pada hari Senin, 15 Agustus 2016, Bupati Kepulauan Yapen yang didampingi ibu bupati beserta Ketua DPRD,Unsur Muspida, Sekretaris Daerah, Para Asisten Sekda dan Kepala SKPD terkait, menghadiri Acara Persiapan menjelang Peresmian Distrik Pemekaran Baru yaitu Distrik Wadamomi yang nantinya akan terpisah dari Distrik Angkaisera dan 11 Kampung lainnya.

Kedatangan Bupati dan rombongan disambut dengan penuh antusias, dan diwarnai dengan prosesi adat oleh warga masyarakat setempat. Dalam sambutannya, Bupati Kepulauan Yapen menyampaikan bahwa, pemekaran distrik baru yang menjadi aspirasi dan tuntutan masyarakat wadamomi, adalah merupakan suatu hal yang perlu disambut dan disikapi secara positif oleh Pemerintah Daerah karena akan semakin memperpendek rentan kendali penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pemberdayaan kemasyarakatan di Kabupaten Kepulauan Yapen. Disamping itu, Bupati juga mengingatkan bahwa, pemekaran suatu wilayah adalah hal yang tidak mudah, semudah membalikan telapak tangan, karena memerlukan proses secara bertahap dan berkelanjutan serta harus sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. Selain itu, pemekaran wilayah harus memperhatikan ketersediaan dan kesiapan sumber daya, baik sumber daya alam maupun sumber daya manusia, karena menurut beliau, apa artinya suatu wilayah memiliki potensi kekayaan alam namun tidak dapat dimanfaatkan serta dikelola dengan baik dan benar disebabkan tidak tersedianya pelaku-pelaku pembangunan yang berkualitas,  bertanggung jawab dan memiliki keinginan tinggi untuk memajukan daerah dan masyarakatnya.

Bupati  berpesan kepada masyarakat Wadamomi bahwa, meskipun pemekaran akan memberi kewenangan untuk mengembangkan daerahnya sendiri, namun perlu diingat bahwa, Distrik Wadamomi adalah bagian dari keluarga besar Kabupaten Kepulauan Yapen yang tetap berada dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia dimana pada tahun 2016 ini,akan kita peringati HUT Kemerdekaannya yang ke-71 tahun.

01 IMG_1519 1 2 IMG_1537 IMG_1544 IMG_1550 IMG_1562 IMG_1565 IMG_1568 IMG_1570 IMG_1604 IMG_1583 IMG_1601