Reporter : Robby Mesak

Menawi – Wakil Bupati Kepulauan Yapen, Frans Sanadi, B.Sc. S.Sos, MBA., meresmikan Gedung Balai Kampung Kainui II, Distrik Angkaisera, Peresmian ini berlangsung pada Senin 17/08/2020 yang dilanjutkan dengan acara perlombaan dayung cepat, yang di selenggarakan oleh pemerintah kampung Aitiri, lomba yang diselenggarakan ini pun mendapat apresiasi langsung oleh Wabup Frans.

“Hari ini ada di jembatan panjang di Distrik Angkaisera, Kampung Aitiri untuk menyaksikan lomba dayung cepat yang dilaksanakan oleh Kepala Kampung dan seluruh jajaran yang ada di kampung Aitiri, memeriahkan HUT kemerdekaan RI yang ke 75.

Saya memberikan apresiasi kepada kepala kampung Aitiri dan seluruh jajaran dan masyarakat yang ada di kampung Aitiri, telah mengangkat kembali salah satu budaya kita ” ujarnya.

Menurutnya, dengan adanya kegiatan Lomba dayung tradisional yang sudah lama tidak dilakukan oleh masyarakat di kampung Aitiri, dapat mengangkat kembali nilai budaya agar tidak punah terkikisnya waktu.

“Saya atas nama pemerintah menyampaikan terima kasih kepada kepala kampung dan seluruh aparat dan seluruh masyarakat di kampung Aitiri yang telah menghadirkan satu event untuk kita tonton dan saksikan bersama, dalam suasana HUT Kemerdekaan RI yang ke-75 tahun, walaupun kita ada di dalam pandemi covid-19 tapi kegiatan ini digelar ini menunjukkan semangat yang ada di kampung ini luar biasa ” ujarnya

Terianus L. Nubabo, selaku Kepala Kampung Aitiri, menjelaskan bahwa kegiatan yang di laksanakan bertujuan untuk mengangkat kembali budaya yang sudah hampir 18 tahun lamanya hampir hilang, sehingga lewat program dana desanya, ia bersama masyarakat melaksanakan lomba tersebut, agar budaya ini tetap terjaga oleh generasi kita.

Sementara itu salah satu donatur yang juga adalah Anggota DPRD kabupaten Kepulauan Yapen, Simson Aurai, juga memberikan Aspirasi bagi Kepala kampung dan seluruh aparat kampung yang sudah kembali mengangkat budaya ini yang hampir saja hilang, Simson mengatakan kegiatan ini harus dimasukkan dalam Program kampung, sebagai Wakil Rakyat dirinya akan mengawalnya sebagai salah satu program, yang nantinya lomba ini disaksikan langsung oleh Wakil Bupati, Frans Sanadi didampingi Ibu Wakil Ketua TP PKK Kepulauan Yapen, Tina Sueni, Kepala Distrik Angkaisera, Sejumlah Anggota DPRD diantaranya Simson Aurai, Agus Yowei, Kepala Dinas Pariwisata Niko Imbiri, Ketua KNPI, Dewan Kesenian Yapen, kepala kampung, Bamuskam, Tokoh Adat, Tokoh Agama dan masyarakat.

(Foto dan video : Robby Mesak)