IMG_5565

Rapat Paripurna I DPRD dalam rangka Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun 2015

Pada tanggal 14 Juli 2016 bertempat di Gedung Silas Papare Serui telah dilaksanakan Pembukaan Rapat Paripurna I DPRD Kabupaten Kepulauan Yapen Tahun Sidang 2016 dalam rangka Penyampaian Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun 2015 oleh Kepala Daerah kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Kepulauan Yapen.

Acara Pembukaan Rapat Paripurna I ini dihadiri oleh Pimpinan dan Anggota DPRD, Unsur Muspida, Wakil Bupati, Sekretaris Daerah, Para Staf Ahli Bupati, Asisten Sekda, Kepala SKPD dan Pimpinan Organisasi Masyarakat dan Politik serta elemen masyarakat lainnya.

Dalam pidato Bupati Kepulauan Yapen yang disampaikan oleh Wakil Bupati, Frans Sanadi,B.Sc.S.Sos.MBA, menyampaikan bahwa Penyampaian Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD kepada DPRD sudah merupakan kewajiban konstitusional yang harus terpenuhi oleh seorang Kepala Daerah sesuai amanat Permendagri Nomor 13 Tahun 2006 yang telah diperbaharui dengan Permendagri Nomor 21 Tahun 2011. Selanjutnya, Wakil Bupati menjelaskan bahwa, materi raperda pertanggungjawaban pelaksanaan APBD yang disampaikan dan disajikan kepada DPRD adalah dalam bentuk Laporan Keuangan Daerah berbasis AKrual meliputi 7 (tujuh) komponen utama yaitu; Laporan Realisasi Anggaran, Laporan Perubahan Sisa Anggaran Lebih, Laporan Operasional, Neraca, Laporan Perubahan Ekuitas, Laporan Arus Kas dan Catatan Atas Laporan Keuangan Tahun Anggaran 2015 berdasarkan hasil audit dari BPK RI atas LKPD Pemerintah Kabupaten Kepulauan Yapen Tahun 2015.

Di sela-sela pidatonya, Wakil Bupati memberi penyampaian terima kasih dan penghargaan kepada entitas pengelola keuangan daerah atas kerja kerasnya sehingga Kabupaten Kepulauan Yapen berhasil meraih opini atau penilaian Wajar Tanpa Pengecualian dari Badan Pemeriksa Keuangan RI. Beliau berharap, prestasi menggembirakan ini dapat dijaga, dipertahankan bahkan lebih dipertahankan lagi kedepan sehingga peruntukkannya mampu menjawab kebutuhan pembangunan daerah dan masyarakat demi terwujudnya Kabupaten Kepulauan Yapen yang Nyaman, Maju dan Sejahtera.

Di akhir Rapat Paripurna I ini, atas nama Bupati Kepulauan Yapen, Wakil Bupati, Frans Sanadi, B.Sc,S.Sos, MBA menyerahkan Materi Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun 2015 kepada DPRD Kabupaten Kepulauan Yapen untuk selanjutnya dapat dilakukan pembahasan melalui sidang dewan agar ditetapkan menjadi peraturan daerah. Materi Laporan Pertanggungjawaban tersebut diterima langsung oleh Ketua DPRD, Melianus Wayangkau, SE, dan disaksikan oleh Sekretaris Daerah, Ir.Alexander Nussy, MM dan Wakil Ketua II DPRD, Franklin M Numberi, SE.

IMG_5564 IMG_5562 IMG_5566 IMG_5576 IMG_5581 IMG_5589 IMG_5596 - Copy IMG_5565